Apa itu GERMAS ? 

Pastinya sudah tidak asing lagi tentang GERMAS. GERMAS kepanjangan dari Gerakan Masyarakat. Saat ini SMP Negeri 2 Ambarawa bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Ambarawa melakukan kegiatan GERMAS HIDUP SEHAT. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Hal ini diatur dalam Instruksi Presiden No. 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Wah! Tentunya beruntung sekali SMP Negeri 2 Ambarawa menjadi salah satu sekolah yang dapat bekerja sama untuk melakukan kegiatan tersebut.



Kegiatan GERMAS Hidup Sehat dilaksanakan pada Sabtu, 26 November 2022 di Aula SMP Negeri 2 Ambarawa. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah perwakilan 30 peserta didik yang terdiri atas dokter kecil dan konselor sebaya. 

Rangkaian acara pada kegiatan ini adalah sosialisasi dan penggalangan komitmen germas tentang pola hidup sehat dan gizi remaja. Pada sosialisasi itu, sejumlah paparan materi disampaikan oleh narasumber UPTD Puskesmas Ambarawa, Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang, yaitu tentang Germas Hidup Sehat dan Gizi Remaja.

Gerakan masyarakat hidup sehat ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Pada pembahasan germas kali ini Puskesmas Ambarawa menerangkan tentang pengertian, tujuan, dan juga tata cara pola hidup sehat yang perlu diketahui oleh masyarakat luas. Dalam kegiatan ini, Puskesmas Ambarawa mengharapkan peserta didik yang terpilih menjadi dokter kecil maupun konselor sebaya dapat menyalurkan informasi maupun ilmu terkait germas dan juga gizi.

Setelah selesainya pembahasan terkait hidup sehat, kita masuk ke pembahasan gizi seimbang.

Dalam sosialisasi ini Dr. Aditama sebagai narasumber mengatakan bahwa, "Kesehatan gizi seimbang itu sangat penting dalam pertumbuhan pada usia dini, oleh karena itu untuk mendapatkan gizi seimbang kita perlu menkonsumsi buah dan sayur, serta mengkonsumsi makanan karbohidrat untuk menghasilkan energi yang cukup sesuai kegiatannya masing-masing."

Dengan demikian sebagai akhir kegiatan GERMAS HIDUP SEHAT ini dilakukan makan buah secara bersama sama untuk mendukung gizi seimbang peserta didik.

Dokumentasi kegiatan GERMAS HIDUP SEHAT dapat dilihat pada laman berikut.

https://youtu.be/khniGN69c_E












0 komentar:

Posting Komentar

 
SMP Negeri 2 Ambarawa © 2021. All Rights Reserved. Powered by Mung Bisnis
Top