Dalam memperingati HUT PGRI ke 77 dan Hari Guru Nasional tahun 2022, PGRI Kabupaten Semarang mengadakan beberapa program untuk memeriahkannya. Salah satunya adalah PGRI Menyapa. Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh pengurus PGRI dari tingkat kabupaten sampai ranting se Kab. Semarang. Pengurus PGRI dengan berseragam PGRI, menyapa peserta didik di satuan pendidikan tertentu yang dipilih, dengan peserta kurang lebih satu kelas dan berdurasi waktu 1-2 jpl. Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan PGRI kepada siswa dan anggota serta menguatkan karakter peserta didik dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

SMP Negeri 2 Ambarawa menjadi salah satu sekolah yang terpilih. PGRI Menyapa di SMP Negeri 2 dilaksanakan pada hari Kamis 24 November 2022. Kegiatan ini yaitu mengajar peserta didik dengan narasumber adalah Bapak Drs. Heri Muryanto, M.Pd selaku Kepala SMP Negeri 2 Ambarawa. Beliau menyampaikan beberapa topik yaitu perundungan/bullying, intoleransi, karakter profil pelajar pancasila, dan peran PGRI.

Pembahasan PGRI Menyapa ini, Bapak Drs. Heri Muryanto, M.Pd menyampaikan berbagai jenis bullying, dampak negatif bagi korban dan pelaku bullying, cara mencegah bullying, serta sikap yang harus diambil untuk melawan bullying. Beliau juga memberikan beberapa contoh sikap dan perilaku tentang intoleransi. Selain itu, beliau juga menyinggung tentang Profil Pelajar Pancasila yang terdiri dari 6 karakter. Dari kegiatan ini diharapkan peserta didik menjadi seorang pelajar pancasila yang banyak tanya, banyak coba, dan banyak karya.

Akhir kegiatan, Bapak Drs Heri Muryanto, M. Pd memberikan refleksi tentang peran PGRI. Di kesempatan ini, beliau menanyakan kepada peserta didik tentang sosok guru seperti apa yang diharapkan atau diinginkan. Salah satu peserta didik mengatakan  bahwa, “Saya mengharapkan sosok guru yang tidak hanya mengajarkan materi saja tetapi juga membimbing dan mendidik peserta didik dengan cara yang mengasyikan.”

Dalam memeriahkan Hari Guru Nasional ini Bapak Drs. Heri Muryanto, M.Pd juga menyampaikan pesan kepada peserta didik yaitu, “Orang sukses harus berbakti kepada Tuhan, orang tua, guru, dan agamanya. Tidak ada orang sukses yang durhaka kepada Tuhan, orang tua, guru, serta agamanya. Jadi di sekolah sosok guru adalah orang tuamu, jika kalian ingin sukses salah satu kuncinya adalah harus berbakti kepada guru.”

Dokumentasi kegiatan PGRI Menyapa dapat dilihat pada laman berikut. 

https://youtu.be/jpOPgDNEZus

0 komentar:

Posting Komentar

 
SMP Negeri 2 Ambarawa © 2021. All Rights Reserved. Powered by Mung Bisnis
Top