Halal Bihalal SMP Negeri 2 Ambarawa diikuti oleh seluruh warga sekolah. Mulai dari peserta didik kelas VII sampai kelas IX, bapak/ ibu guru, staff, dan karyawan. 

Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.30 WIB yang dilaksanakan di lapangan basket SMP Negeri 2 Ambarawa. 

Diawali dengan ucapan permohonan maaf dari seluruh peserta didik yang diwakilkan oleh Badra Pradipta sebagai ketua OSIS. Permohonan maaf dari peserta didik diterima oleh bapak/ ibu guru yang disampaikan dengan penuh haru oleh Kepala Sekolah, Drs. Heri Muryanto, M.Pd. 

Dilanjutkan dengan penyampaian hikmah halal bihalal oleh Drs. Islahuddin A, M.Pd. yang menjadikan kita memaknai nikmat saling memaafkan. Hikmah halal bihalal tersebut disampaikan dalam singkatan "Taqwa", yaitu Tawadu', Qona'ah, dan Wara'. 

Doa yang dipimpin oleh Ali Mansyur, S.Pdi. begitu khidmat pada hari yang fitri ini. 

Ditutup dengan peserta didik dan guru/ karyawan saling memaafkan tanpa jabat tangan.




Setelah halal bihalal dengan peserta didik, keesokannya guru dan karyawan melaksanakan halal bihalal bersama keluarga besar SMP Negeri 2 Ambarawa.

Acara ini dibuka dengan tilawah oleh Zaenatun, S.Pd. dan pembacaan sari tilawahnya oleh Fara Syafira, S.Pd. pada pukul 10.00 WIB. Tilawah yang dibacakan berupa surah Al-Imron ayat 133 sampai dengan 135, yang berisi tentang keutamaan mencari pengampunan untuk mendapatkan surga-Nya.

Dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala SMP Negeri 2 Ambarawa, Drs. Heri Muryanto, M.Pd. serta ketua komite dr. Noor Said. 

Tidak jauh berbeda dengan halal bihalal dengan peserta didik, kali ini keluarga besar SMP Negeri 2 Ambarawa juga saling mengungkapkan maaf dengan simbolis tangan mengatup. 

Halal bihalal memanglah identik dengan jabat tangan sembari memaafkan lawan bicara, meski warga SMP Negeri 2 Ambarawa hanya menggunakan simbolis tangan mengatup, hal tersebut tidak mengurangi sedikitpun rasa syukur dan rasa saling memaafkan pada hari yang suci ini.

Setelah itu, kegiatan ditutup dengan ramah tamah. Sembari diiringi lagu yang dibawakan oleh Bapak Sudaryanto, Nurul Anisa, S.Pd., dan Diah Ayu C, S.Pd. seluruh keluarga besar menikmati hidangan yang telah disajikan.



0 komentar:

Posting Komentar

 
SMP Negeri 2 Ambarawa © 2021. All Rights Reserved. Powered by Mung Bisnis
Top