Kegiatan Bimbingan Matematika Kelas VII

Apa itu OSN Kinerja?

OSN Kinerja adalah salah satu program dari pelaksanaan BOS Kinerja yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ambarawa, Kabupaten Semarang. Disebut sebagai OSN Kinerja karena sumber dana kegiatan ini berasal dari BOS Kinerja. BOS Kinerja adalah dana yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang dinilai berkinerja baik sebagai sekolah berprestasi dan sekolah yang ditetapkan sebagai pelaksana program sekolah penggerak (Permendikbud Ristek Nomor 2 Tahun 2022). BOS Kinerja berbeda dengan BOS Reguler. Jika BOS Reguler diberikan kepada berbagai sekolah tanpa kriteria khusus, maka BOS Kinerja ini hanya dapat diberikan kepada sekolah-sekolah tertentu sebagaimana yang dijelaskan di atas. Sasaran Penyaluran dana BOS Kinerja adalah dua jenis sekolah, yaitu  sekolah penggerak dan sekolah berprestasi.

Sebagai salah satu sekolah yang telah ditetapkan secara resmi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pelaksana dari program Sekolah Penggerak maka pada Tahun Ajaran 2022/2023 SMP Negeri 2 Ambarawa juga mendapatkan dana BOS Kinerja. Berdasarkan Permendikbud No. 24 Tahun 2020, alokasi anggaran BOS Kinerja sebesar Rp 120.000.000,00. Penggunaan dana BOS Kinerja pada masing-masing sekolah penerima dapat memiliki perbedaan komponen. Hal ini disebabkan kebutuhan pada masing-masing sekolah tersebut juga berbeda. Untuk Sekolah Penggerak, BOS Kinerja yang diberikan oleh Pemerintah bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan sebagai berikut: (1) pengembangan sumber daya manusia (SDM), (2) kegiatan pembelajaran dengan paradigma (model) baru, (3) program digitalisasi sekolah, dan (4) perencanaan berbasis data.

Bagaimana penggunaan BOS Kinerja di SMP Negeri 2 Ambarawa?

Dana BOS Kinerja sebesar Rp 120.000.000,00 di SMP Negeri 2 Ambarawa dimanfaatkan antara lain untuk : 1) Kegiatan pembelajaran dengan paradigma baru berupa pembelian buku referensi untuk kegiatan pembelajaran, P5 (projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ) dan OSN, 2) Perencanaan berbasis data : Pelatihan data base perpustakaan, pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan seperti kegiatan workshop, 3) Digitalisasi Sekolah : pengadaan komputer untuk data base, studi banding ke sekolah yang sudah melaksanakan IKM, dan gelar karya.

Apa Tujuan Kegiatan OSN Kinerja?

OSN Kinerja memiliki tujuan untuk mencari bibit-bibit unggulan baru yang dapat diikutsertakan dalam kegiatan OSN atau lomba kegiatan akademik lain seperti OPSI dan LCC Cagar Budaya yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun. Dengan kegiatan ini diharapkan sekolah dapat memberikan pendampingan secara dini pada peserta didik unggulan sesuai dengan minat dan kemampuan akademik masing-masing peserta didik. Pendampingan secara dini kepada peserta didik diharapkan akan memberikan hasil maksimal ketika mereka harus maju mengikuti lomba-lomba tersebut. Sasaran kegiatan OSN Kinerja adalah persiapan Lomba kegiatan OSN, OPSI dan LCC Cagar Budaya yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kebudayaan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Semarang maupun secara nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maka kegiatannya meliputi 3 mata pelajaran yaitu IPA, Matematika dan IPS. 

Kegiatan Bimbingan IPS Kelas VIII

Kegiatan Bimbingan IPA Kelas VII

Kegiatan Bimbingan Matematika Kelas VIII

Pelaksanaan OSN Kinerja diikuti oleh peserta didik kelas VII sebanyak 34 orang dan kelas VIII sebanyak 30 orang. Kegiatannya meliputi 1) pembimbingan yang dilaksanakan selama 8 hari dan 2) Kegiatan evaluasi dan seleksi. 

Suasana Seleksi di Aula

Dari Hasil seleksi diperolehl 3 peserta terbaik dari masing-masing mata pelajaran dalam tiap jenjang kelas, yaitu

     1.      Kelas VII : .

      a.  Matematika : 1) Heaven Brillian Exenda (56,36), 2) Nicholas Artano Mahendra Putra             (50,91), 3) Gabriel Raditya Kusuma Pratama (47,27)

     b.   IPA : 1) Afrilion Falah Yulian Putra (94), 2) Humaira Kanya Renata (80), 3) Adrian Bagas       Saputra (74)

    c.    IPS : 1) Humaira Kanya Renata (88), 2) Silvia Zahrotus Syita (87), 3) Orlin Fayola Danny     (82)

2.    Kelas VIII :

      a.  Matematika : 1) Beryl Aqila Kosali (76), 2) Shalsha Nethajsha Andatu (75), 3) Meisy            Bunga Azizty (74)

      b.  IPA : 1) Kezia Mutiara Winandha (85), 2) Aufa Najwa Althafunnisa (75), 3) Fara Dhiyaa        Kamiila (72,5)

       c.   IPS : 1) Nisrina Aida Salsabila (90,5), 2) Aysifa Aninda Putri (87), 3) Fastabiq Haqqul            Fatikha (86)

  Kegiatan OSN kinerja tidak berhenti sampai dengan seleksi saja. Namun dilanjutkan dengan kegiatan pembimbingan secara intensif dan berkelanjutan bagi bibit-bibit unggul pada bidang IPA, Matematika dan IPS sebagai persiapan untuk mengikuti lomba-lomba akademik yang akan dilaksanakan pada waktu yang akan datang terutama OSN, OPSI dan LCC Cagar Budaya.


0 komentar:

Posting Komentar

 
SMP Negeri 2 Ambarawa © 2021. All Rights Reserved. Powered by Mung Bisnis
Top