Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler dengan bermacam- macam konten sehingga dapat lebih maksimalkan potensi peserta didik dan memberi cukup waktu untuk mendalami konsep dan kompetensi. Guru mempunyai keleluasaan dalam memilih berbagai metode pembelajaran sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar serta kemampuan partisipan didik (kemendikbud).

Dalam Kurikulum Merdeka, sekolah diberikan keleluasaan untuk memberikan projek pembelajaran yang relevan dan dekat dengan lingkungan sekolah. Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran demokrasi. Demokrasi yang dapat dilaksanakan yaitu demokrasi dalam projek pemilihan ketua OSIS 2023. Projek Suara Demokrasi SMP Negeri 2 Ambarawa dilaksanakan pada tanggal 8 sampai dengan 17 Desember 2022.

Tujuan dari projek tersebut agar dapat tercipta suasana yang terbuka dan mendorong siswa untuk berani mempunyai pendapat, berani berpikir sendiri dan menyuarakannya. Seperti memilih calon ketua OSIS serta pengurusnya. Projek tersebut dapat dilakukan secara pemilu atau pemilihan langsung. Dari projek tersebut diharapkan dapat timbul rasa toleransi, memilih calon sesuai dengan pilihan hati nurani, adanya rasa saling menghargai jika ada pendapat yang berbeda.

Projek pemilihan ketua OSIS dilakukan dengan berbagai tahapan. Dimulai dengan pengumuman akan diadakannya Pemilos. Pembentukan panitia pemilos dengan anggota peserta didik dan dibina oleh guru. Kemudian penjaringan calon ketua yang dapat dipilih dari pencalonan diri dan usul dari peserta didik maupun dari guru. Selanjutnya penetapan calon ketua yang memenuhi syarat dan kriteria. Setelah calon ditetapkan, siswa kelas VII diberi tugas untuk membuat pamflet visi misi dari calon ketua OSIS. Pemilihan langsung ketua OSIS dilakukan sesuai tanggal yang sudah ditetapkan. Sebelum itu dalam Projek Suara Demokrasi, peserta didik juga melaksanakan Simulasi Pemilos di kelas mereka masing-masing. Dan diharapkan peserta didik dapat menerapkan asas pemilu yaitu luberjurdil, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Untuk menambah semangat demokrasi, SMP Negeri 2 Ambarawa juga mengadakan lomba Poster terbaik untuk kelas VII, video terbaik dan terfavorit untuk kelas VIII, IX. Poster dan video tersebut berisi tentang pelaksanaan Projek kelas VII dan proses Pemilos di SMP Negeri 2 Ambarawa.

Setelah melewati proses pemilihan ketua OSIS dengan lancar. Dilakukan perhitungan hasil suara yang dapat dilakukan secara terbuka. Dengan hasil tersebut, pasangan dengan hasil suara terbanyak dapat ditetapkan sebagai pemenang untuk menjadi ketua OSIS periode 2023. Dan ketua OSIS terpilih diharapkan mampu menjadi ketua dan wakil ketua OSIS yang bertanggung jawab dan bisa bekerja sama dengan pengurus OSIS lainnya untuk mewujudkan dan menjalankan program OSIS dengan lebih baik lagi, dan dapat menjadi teladan atau contoh yang baik bagi peserta didik di sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
SMP Negeri 2 Ambarawa © 2021. All Rights Reserved. Powered by Mung Bisnis
Top